Mobil Matic Nyentak? Simak Penyebabnya

Bengkel Mobil Medan

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan mobil matic nyentak atau macet saat melakukan perpindahan gigi. Hal ini tentu saja sangat membuat kita khawatir apalagi ketika kita sedang berkendara di perjalanan yang jauh apabila dipaksakan maka transmisi mobil dapat menjadi rontok dan rusak. Terlebih lagi set transmisi matic sangatlah menguras kantong kita apabila mengalami kerusakan. Kasus ini sangatlah banyak ditemukan pada mobil bertransmisi matic dibandingkan manual, hal ini terjadi dikarenakan memang pada system matic mobil lebih sensitive dan sangat diperlukan perawatan yang baik dibandingkan dengan mobil manual.

Hentakan akan terjadi biasanya ketika kita sedang berusaha memasukkan gigi, memindahkan atau ketika kita sedang menggas lebih dalam mobil kita. Jika ketika kita membawa mobil dan merasakan hentakannya mulai terasa kasar maka jangan pernah memaksakan mobil kita untuk berjalan lebih jauh lagi, tapi segeralah membawa mobil matic tersebut ke bengkel terdekat

Beberapa hal yang membuat mobil merasa tersentak adalah sebagai berikut :

Oli transmisi yang bocor

Kebocoran oli transmisi dapat menyebabkan pelumasan yang ada didalam system transmisi menjadi terganggu, hal inilah yang sering kali menyebabkan gejala menyentak pada saat perpindahan gigi dimobil. Oli transmisi ini sangat wajib dicek secara rutin karena ketika oli trasnmisi ini kurang, terlalu kotor maupun aus. Maka tekanan oli tidak akan mampu untuk mengangkat perpindahan gigi dengan sempurna sehingga terjadilah RPM yang dihasilkan tidak sesuai dengan biasanya dan getaran mobil akan lansung berpindah pada putaran mesin.

Masalah solenoid pressure

Penyebab lainnya adalah pada system kelistrikan mobil biasanya akan terjadi pada jenis mobil matic yang bertransmisi elektrik. Untuk dapat mengecek masalah pada solenoid pressure ini dibutuhkan engine scanner agar mampu melihat apakah solenoid pressure ini mengalami gangguan ataupun tidak, jika ada kerusakan maka sebaiknya segera diganti part yang rusak dengan part yang baru. Kita juga dapat memasang volt stabilizer agar mencegah kedua komponen penting tersebut tidak cepat mengalami kerusakan.

Cukup banyak masalah yang akan dihadapi ketika kita memutuskan untuk menggunakan mobil matic namun tidak perlu khawatir karena segala masalah yang mobil kita hadapi akan segera dapat diselesaikan apabila kita mengunjungi bengkel mobil yang baik. Untuk didaerah medan kamu dapat mengunjungi Jasa Bengkel Mobil Medan Iskandar muda otomotif yang terletak di jalan Iskandar muda no 8 Medan.

Previous Post Next Post